Search Here..

Thursday, March 17, 2016

Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Perilaku Remaja

Hi gaes!! Di post kali ini aku bakal kasi tau pengaruh apa aja yang bisa dibwa oleh jejaring sosial atau medsos. Hmmm kalo kalian bingung di post ini aku ngga pake 'gue' karena bolehnya pake 'aku' Karena ini adalah tugas uprak aku, #EHE.

Pertama-tama, aku mau tanya sama kalian, siapa coba yang ngga punya akun medsos, pasti kalian punya setidaknya satu akun kan. Nah, Jejaring sosial atau media sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti pertemanan, bisnis,dll. 

Sedangkan kita remaja, kita itu lagi masa-masa nya puberty, kita lekat banget sama jejaring sosial, kalo kata anak alay
 mah,
"yang ngerti kita tuh cuma medsos" dan mungkin emang iya karena kita lagi beradaptasi sama hal-hal yang bakal mengubah kita menjadi dewasa.
Remaja adalah kita, eh maksudnya remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 11 tahun sampai 21 tahun. #UHUK cuma sampe umur 21..

Dan macam-macam jejaring sosial tuh ya kaya yang kita udah kenal kaya gambaryang di bawah ini :
kaya Path, Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, and manymore!



Pendapat aku tentang jejaring sosial tuh aku bisa nambah temen lewat akun-akun aku yang ada di medsos, dan bukan tidak mungkin aku bisa jadi lebih akrab sama orang lain. Ya boleh dibilang aku tuh anaknya rada judes kalo belom kenal, pepatah pun mengatakan "tak kenal maka tak sayang" makanya kenalan.. Wo-ow, bisa juga buat media PDKT, eheh.
Kita juga bisa termotivasi sama jejaring sosial lho,kalo misalnya kita lihat teman kita bisa meraih sesuatu kita juga bakal mikir "kalo temen gue aja bisa kenapa gue ngga?"

Selain kita kita bisa jadi anak yang peduli sama sesama loh, banyak kaya kampanye-kampanye tentang teman-teman kita yang kurang beruntung, yang sedang sakit parah dan butuh dana, informasi kaya gitu bisa cepet menyebar dengan medsos. Jadi kita bisa bantuin teman kita sesegera mungkin. Contohnya kaya #WeDID "We Dont Ignore Disabilities" Di kampanye ini kita diajak untuk tidak mengucilkan teman teman kita yang cacat.

Setelah manfaat-manfaat yang di atas itu jejaring sosial juga punya dampak negatif, apalagi kalo kita adalah tipe orang yang ngga bisa atur waktu kita. Kita bisa menyia-nyiakan waktu karena terlalu asyik dengan medsos.
Belumlagi kalo ada penipuan yang merajalela, kaya olshop-olshop gitu kita hrus pinter-pinter menyelidiki mana olshop yang real. Mungkin dengan mengecek testimoni dari pelanggan, atau kita kontak langsung orangnya.

Dan buat kalian yang mudah tergoda sama situs-situs ngga bener, ini yang perlu diwaspadai, menonton situs-situs porno bisa merusak pikiran kalian. Ada yang pernah bilang kalo nontonin kaya bgituan tuh sama aja kaya kita abis kecelakaan mobil malah lebih parah. Kita bisa kecanduan buat hal-hal kaya gitu atau mungkin kita bahkan punya hasrat untuk mencoba-coba.
Juga ada yang nyalahgunakan akun kita untuk pemerasan,nah kita harus selalu log out kalo lagi login di device lain.

Untuk itu kita harus pinter-pinter bagi waktu, bkin jadwal kegiatan jangan sampe kita kebawa sama sisi negatif medsos.
Misalnya kalo kita mau kenalan ya jangan mudah percaya juga kalo misalnya orang itu ngajakin kita ketemuan ato yang lainnya apalgi baru kenal lewat medsos. 

So gaes be careful yang tentang medsos-medsos yang ada. The world is in your hand. Mainkan medsos tapi jangan sampai medsos mempermainkan kita.

No comments:

Post a Comment